7 Tips Memilih Supplier Yang Tepat Di Tokopedia

In Uncategorized 62 views

Tidak bisa dipungkiri dropship saat ini menjadi salah satu bisnis online yang paling banyak diminati, selain modalnya kecil anda bisa meraih omset yang cukup besar dari hasil penjualan barang tersebut. Agar semua berjalan lancar mencari supplier yang tepat bisa menentukan kesuksesan anda.

Yuph, sebagai pemula tentu hal tersebut bukanlah hal yang mudah, mengingat saat ini banyak sekali supplier yang terkadang sampai membuat kita bingung. Khususnya di Tokopedia, disana ada ratusan ribu supplier dengan berbagai macam produk yang bisa kita pilih.

Saat memilih supplier di Tokopedia anda tidak boleh sembarangan, karena jika sampai salah pilih anda malah mendapatakan supplier yang tidak bisa dipercaya dan tidak bertanggung jawab. Kalau sudah begitu semua pelanggan anda lama-lama bisa kabur semua karena layanan ditoko anda yang kurang memuaskan.

 

cara memilih supplier di Tokopedia

 

Cara mencari supplier yang tepat di Tokopedia

 

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, memilih supplier yang tepat bisa menentukan keberhasilan anda dalam berbisnis dropship. Jika supplier dapat dipercaya dan memiliki layanan bagus toko anda pun akan semakin banyak yang mengujungi dan artinya omset akan meningkat dalam waktu yang singkat.

Tidak hanya bisa dipercaya, namun supplier yang bagus adalah supplier yang memiliki kualitas dimana selalu mengedepankan kebutuhan para dropshiper dan selalu fast respon saat ada pertanyaan mengenai produk yang kita jual. Untuk itu anda bisa mengikuti beberapa tips mendapatkan supplier yang bagus di Tokopedia berikut ini.

 

1. Tentukan kategori produk yang akan anda jual

 

Menentukan kategori produk yang akan dijual adalah kunci utama saat anda ingin mencari supplier di Tokopedia. Sehingga nanti anda memiliki planning harus berjualan barang-barang apa saja yang akan anda jual di Tokopedia. Lakukan riset terlebih dahulu agar menemukan produk yang cocok dan berpontensi. Sebagai contohnya berikut ini.

  • Aksesories gadget – dalam ketagori ini misalnya anda menemukan produk kabel data. power bank, casing, charger.
  • Fashion wanita – dalam kategori ini misalnya anda menemukan produk tas, sepatu, hijab.
  • Produk kecantikan – dalam kategori ini misalnya anda menemukan produk kosmetik, pemutih wajah, shampo

Silahkan anda lakukan riset secara mendalam agar bisa menemukan kategori produk yang sekiranya berpotensi dalam jangka waktu panjang.

 

2. Searching salah satu produk yang sudah anda tentukan

 

Ok, jika sudah menemukan produk yang menurut anda bagus, langkah selanjunya yaitu melakukan pencarian produk tersebut melalui tokopedia.com. Sebagai contoh disini anda memilih kategori Fashion wanita dengan produk sepatu kemudian lakukan search melalui kotak pencarian yang ada di Tokopedia. Setelah itu akan muncul daftar produk yang anda inginkan.

 

3. Filter produk berdasarkan penjualan

 

Jika daftar produk target anda sudah muncul semua, sekarang saatnya melakukan filter produk berdasarkan “penjualan”. Karena pada umumnya saat anda melakukan searching pengaturan default di Tokopedia yang tampil adalah produk “paling sesuai”. Jika sudah anda filter menurut penjualan maka disitu akan muncul produk sepatu yang paling laku / laris di Tokopedia.

 

4. Plih 5 produk teratas atau yang paling laris

 

Setelah melakukan filter berdasarkan penjualan, langkah berikutnya yaitu memilih 5 produk yang menduduki posisi paling atas atau paling laris, kemudian kunjungi satu persatu supplier tersebut. Sebagai tips, biasanya untuk urutan 1-5 itu berupa iklan, jadi untuk urutan yang sebenarnya yaitu antara 6-10.

 

5. Menganalisa data supplier

 

Sekarang saatnya menganalisa data para supplier tersebut, mulai dari statistik penjualan, kecepatan pengiriman, respon penjual sampai dengan kualitas produk. Nah agar lebih mudah anda bisa memperhatikan badge yang didapat oleh toko tersebut biasanya diamond, gold, silver dll. Untuk mendapatkan supplier yang bagus, silahkan anda pilih yang memiliki badge 1 gold dengan kecepatan pengiriman sangat cepat serta memiliki kualitas produk dengan nilai 4.5 keatas.

 

6. Perhatikan umur toko dan seberapa sering online

 

Selain harus menganalisa data supplier, ada beberpa hal yang wajib anda perhatikan yaitu umur toko dan seberapa sering si penjual online. Untuk supplier yang bagus lebih baik memiliki toko yang umurnya sudah 1.5 tahun keatas, sedangkan waktu onlinenya yang bagus antara 1 jam yang lalu atau 15 menit yang lalu. Karena semakin sering si supplier melakukan online itu menandakan bahwa dia adalah penjual yang aktif dan fast respon terhadap pembelinya.

 

7. Kirim pesan secara pribadi ke supplier tersebut

 

Untuk langkah yang terakhir, setelah anda menemukan supplier yang cocok dan menurut anda bagus silahkan kirim pesan kepada supplier tersebut. Tanyakan apakah mereka menerima kerjasama dropship, dan tunggu jawaban dari supplier itu.

Bagaimana? sudah siap untuk menjalankan bisnis dropship di Tokopedia? itulah beberapa tips memilih supplier yang tepat di Tokopedia yang bisa anda ikuti. Dengan melihat beberapa standart yang kami sebutkan diatas, anda akan mendapatkan supplier yang memiliki layanan bagus dan berkualitas untuk calon pembeli anda.

author
Author: 
    5 Ide Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Untung Besar
    5 Ide Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Untung Besar
    Ingin memulai bisnis tidak harus memiliki modal yang
    Mengenal Lebih Jauh, Apa Itu Affiliate CPA?
    Mengenal Lebih Jauh, Apa Itu Affiliate CPA?
    Dalam dunia affiliate banyak sekali istilah-istilah yang mungkin

    Leave a reply "7 Tips Memilih Supplier Yang Tepat Di Tokopedia"

    Must read×

    Top